"Welcome to my blog..... Thank's to visit...!

Welcome to my blog..... Thank's to visit...! Terima Kasih Atas Kunjungannya ...

Senin, 28 Maret 2011

Andalan Pil KB

 Andalan Pil KBIndikasi:
Biasanya, bila Andalan diminum sesuai petunjuk, sel-sel telur dicegah pematangannya sehingga tidak sampai pada keadaan di mana mereka dapat dibuahi. Tambahan lagi, lendir leher rahim tetap kental sehingga seperma pria sukar untuknaik. Lebih dari itu, lapisan endometrium tidak dipersiapkan untuk nidasi dari sel telur yang sudah dibuahi. Karena itu Andalan memberikan perlindungan berganda terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan.

Kontra Indikasi:
Kehamilan, gangguan fungsi hati yang hebat, penyakit kuning atau rasa gatal-gatal yang terus menerus selama kehamilan sebelumnya, sindroma Dubin-Johnson, sindroma Rotor, pernah atau sedang mengalami proses troboembolik di arteri-arteri atau vena-vena dan keadaan dimana ada kecendrungan ke arah penyakit-penyakit tersebut (misalnya gangguan sistem pembekuan darah dengan kecendrungan menuju trobosis penyakit-penyakit jantng tertentu), anemia sickle cell, adanya kanker payudara atau endometrium yang masih diderita atau sedang diobati, diabetes berat disertai perubahan vaskular, gangguan metabolisme lemak, riwayat adanya herpes pada waktu hamil, otosklerosis yang memburuk selama kehamilan.

KOMPOSISI:
Kemasan 28 hari (kemasan "Every-day" = "Tiap hari") berisi 21 tablet salut gula yang mengandung hormon masing-masing 0,15mg Levonorgestrel dan 0,03mg (30 mikrogram) Ethinylestrodiol ditambah dengan 7 tablet salut gula yang tidak mengandung hormon.

PEMBUNGKUSAN:
Kemasan 21 tablet salut gula berisi hormon dan 7 tablet salut gula yang tidak mengandung hormon di dalam kemasan 28 hari dirancang khusus sedemikian rupa sehingga memungkinkan Anda minum satu tablet salut gula setiap hari tanpa istirahat. Biasanya, perdarahan akan terjadi kira-kira setiap 4 minggu selagi Anda minum tablet salut gula - tablet salut gula dari bagian kemasan berwarna biru. Kemasan menunjukkan hari-hari apa tablet seharusnya diminum.

DOSIS DAN CARA PEMAKAIAN:
Sebelum Anda minum Andalan harus dilakukan pemeriksaan kesehatan dan ginekologi menyeluruh (termasuk pemeriksaan payudara) dan adanya riwayat kasus keluarga perlu dicatat dengan teliti. Tambahan lagi gangguan sistem pembekuan harus disingkirkan apabila ada salah satu keluarga dekat pernah menderita penyakit-penyakit tromboembolik (misalnya deep vein thrombosis, stroke, infark miokard) di kala usia muda.

Sebagai tindakan pencegahan, harus dilakukan pemeriksaan kontrol setiap 6 bulan bila tablet salut gula-tablet salut gula ini digunakan jangka panjang.

Hanya pada pemakaian awal, Anda harus memakai tambahan cara pencegahan kehamilan tanpa hormon (kecuali pantang berkala dan pengukuran suhu badan) selama 14 hari pertama untuk menjamin bahwa Anda benar-benar terlindung dari kehamilan sejak hari pertama tablet salut gula diminum.

PERMULAAN PEMAKAIAN:
Tunggulah sampai Anda mendapat haid berikutnya,. Mulailah minum Andalan pada hari pertama siklus haid tersebut (=hari pertama perdarahan) dari bagian kemasan yang berwarna biru dan pilihlah tablet salut gula yang bertanda hari yang sesuai (misalnya "Sen" untuk hari Senin). Tekanlah tablet salut gula tersebut sampai keluar dari lapisan aluminium dan telanlah dengan sedikit air. Tidak menjadi soal kapan Anda minum tablet salut gula tersebut tetapi bila Anda telah memilih hari tertentu - sebaiknya setelah sarapan - makan malam - maka selanjutnya setiap hari harus tetap minum tablet salut gula pada waktu tersebut.
Mulai dari saat ini, Anda harus tetap minum tablet salut gula setiap hari mengikuti arah panah pada kemasan sampai kemasan kosong. Bila pada suatu waktu, Anda ragu-ragu apakah Anda sudah minum tablet salut gula untuk hari itu atau belum, maka hal ini dapat diketahui dengan melihat sekilas pada kemasan pengingat tersebut.

Bila Anda memulai minum tablet salut gula Andalan pada bagian akhir suatu minggu, siklus haid Anda yang pertama akan lebih pendek dari 4 minggu.

PEMAKAIAN SELANJUTNYA:
Bila Anda telah menghabiskan kemasan Andalan yang pertama, mulailah dengan kemasan yang baru dengan segera tanpa terhenti pada keesokan harinya, juga dimulai dari bagian kemasan yang berwarna biru dengan tanda hari yang sesuai.

HARAP DICATAT:
Minum tablet salut gula tidak teratur, muntah atau gangguan pencernaan disertai diare, gangguan metabolisme individual yang sangat jarang, atau penggunaan obat-obat tertentu secara bersamaan untuk jangka waktu yang panjang (lihat "Beritahukanlah dokter Anda..."), dapat mempengaruhi efek kontrasepsinya (gejala haid pertama yang mungkin terjadi : perdarahan atar haid).

Bila Anda sedang menggunakan kontrasepsi hormonal lainnya atau bila Anda ingin minum Andalan segera setelah ersalinan atau abortus, Anda terlebih dahulu harus menghubungi dokter Anda. Bila Anda sedang menyusui, maka dokter Andalah yang akan memutuskan apakah Anda boleh minum Andalan.

BILA TERJADI PERDARAHAN ANTAR HAID:
Bila terjadi perdarahan "diluar kebiasaan" dalam masa 3 minggu dimana Anda sedang minum tablet salut gula diluar bagian kemasan yang berwarna biru, maka minum tablet salut gula tidak boleh dihentikan. Perdarahan ringan biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Meskipun demikian, bila perdarahannya banyak, mirip perdarahan haid, maka Anda harus menghubungi dokter Anda.

BILA ANDA TIDAK MENDAPAT HAID:
Bila Anda tidak mendapat haid selagi minum tablet salut gula dari bagian kemasan yang berwarna biru, dimana kasus ini sangat jarang terjadi, Anda harus menghentikan minum tablet salut gula untuk sementara waktu dan menghubungi dokter Anda.

BILA ANDA LUPA MINUM TABLET SALUT GULA:
Bila Anda lupa minum tablet salut gula pada waktu yang biasanya, Anda harus minum tablet salut gula yang terlupa itu paling lambat dalam waktu 12 jam. Bila lebih dari 12 jam dari waktu yang biasa Anda belum juga minum tablet salut gula, perlindungan terhadap kehamilan pada siklus itu mungkin berkurang. Dalam hal ini Anda harus melanjutkan minum tablet salut gula berikutnya pada waktu yang biasa dan membuang saja tablet salut gula yang terlupa tersebut.

Pada waktu yang bersamaan tambahan cara pencegahan kehamilan bukan hormon yang lain (kecuali pantang berkala dan pengukuran suhu badan) harus dilakukan sampai terjadi perdarahan. Tablet salut gula atau tablet salut gula-tablet salut gula yang terlupa sama sekali Anda tidak boleh minum. Biasanya, perdarahan akan terjadi sewaktu Anda minum tablet salut gula dari bagian kemasan yang berwarna biru. Bila haid tidak kunjung datang, Anda harus menghubungi dokter Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan minum tablet salut gula ini.

BERHENTI MINUM TABLET SALUT GULA:
Setalah Anda berhenti minum Andalan organ-organ reproduksi biasanya akan segera bekerja penuh kembali., sehingga kemampuan Anda untuk hamil pulih kembali. Satu-satunya hal yang mungkin Anda alami adalah bahwa siklus yang pertama mungkin satu minggu lebih panjang dari biasanya. Bila siklus normal tidak terjadi setelah 2 atau 3 bulan pertama, Anda harus menghubungi dokter Anda.

EFEK SAMPING:
Kadang-kadang terjadi sakit kepala, gangguan lambung, rasa mual, rasa kencang pada payudara, perubahan berat badan dan libido, atau adanya rasa tertekan.

Pada wanita-wanita tertentu, penggunaan jangka panjang tablet salut gula ini, kadang-kadang dapat menyebabkan terjadinya bercak-bercak kecokelatan pada muka yang bertambah parah bila terkena sinar matahari yang terlalu lama. Wanita-wanita yang mempunyai kecendrungan ini sebaiknya menghindari terkena sinar matahari yang terlampau lama.

Kasus-kasus individual yang mengenai toleransi yang buruk terhadap lensa kontak pernah dilaporkan.

Hubungilah dokter Anda sekiranya Anda sedang menderita suatu keluhan yang berkepanjangan.

KHASIAT DALAM KASUS MUNTAH-MUNTAH ATAU DIARE:
Obat pencahar ringan tidak mengurangi khasiat ANdalan. Jika Anda menderita gangguan saluran pencernaan yang menyebabkan terjadinya muntah-muntah atau diare, tidak dapat dijamin bahwa tablet salut gula akan tinggal cukup lama dalam saluran pencernaan sehingga tetap berkhasiat. Hal ini berarti bahwa tidak dapat dipastikan apakah pencegahan kehamilan akan tetap efektif. Dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk menggunakan cara-cara pencegahan kehamilan tambahan yang bukan hormonal (kecuali pantang berkala dan pengukuran suhu badan) khusus untuk siklus tersebut, dengan tidak menghentikan penggunaan Andalan.

BERITAHUKANLAH DOKTER ANDA....
...bila Anda menderita salah satu kelainan berikut: diabetes, tekanan darah tinggi, vena varikosa, otosklerosis, multiple sklerosis, epilepsi, porifiria, tetani, chorea minor. Pada semua kasus tersebut di atas juga sekiranya ada riwayat flebitis atau kecendrungan diabetes, pemakaian Andalan harus dibawah pengawasan dokter secara ketat.

...bila Anda sedang atau pernah menderita salah satu kelainan-kelainan seperti yang diisebutkan pada "Kontraindikasi", karena dalam keadaan ini Anda tidak diperbolehkan minum tablet salut gula kontrasepsi. Bila Anda tidak yakin bahwa Anda sedang atau pernah mendertia kelainan-kelainan itu, mintalah pada dokter Anda untuk menjelaskannya.

...bila Anda sedang minum obat-obat lain secar teratur (misalnya Barbiturat, Fenilbutazon, Hidantoin, Rifampisin, Ampisilin), karena obat-obatan tersebut dapat mengganggu kerja Andalan. Kebutuhan akan obat antidiabetik oral atau insulin dapat berubah.

ALASAN-ALASAN UNTUK SEGERA MENGHENTIKAN PEMAKAIAN ANDALAN:
Terjadinya sakit kepala seperti migren untuk pertama kalinya atau bertambah, seringnya terjadi sakit kepala yang hebat dan tidak biasa, gangguan persepsi yang mendadak (misalnya gangguan penglihatan dan pendengaran), tanda-tanda awal troboflebitis atau gejala-gejalatroboemboli (misalnya rasa nyeri yang tidak biasa pada kaki atau kai membengkak, rasa nyeri yang menusuk ketika bernafas atau batuk tanpa sebab yang jelas), rasa nyeri dan sesak di dada, menjelang operasi (6 minggu sebelum operasi), keadaan tidak bisa bergerak (misalnya karena kecelakaan). Pada semua kasus di atas, mungkin terjadi peningkatan resiko trobosis. Alasan lainnya untuk menghentikan pemakaian adalah: timbulnya sakit kuning, timbulnya hepatitis, gatal-gatal diseluruh tubuh, meningkatnya serangan epilepsi, peningkatan tekanan darah yang bermakna, kehamilan.

CATATAN KHUSUS:
Menurut yang diketahui sampai saat ini, hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal dan peningkatan resiko terjadinya tromboemboli vena maupun arteri tidak dapat disingkirkan.

Resiko relatif trobosis arteri (misalnya stroke, infark, miokard) kelihatannya cendrung meningkat bila kebiasaan merokok erat. Umur yang meningkat dan penggunaan kontrasepsi oral kombinasi terjadi secara bersamaan.

Walaupun jarang, tumor hati yang jinak dan walaupun jarang sekali tumor hati yang ganas yang dalam kasus-kasus tertentu dapat menimbulkan terjadinya perdarahan intraabdominal yang membahayakan jiwa telah dijumpaisetalah pemakaian bahan hormonal seperti yang terdapat dalam Andalan. Dokter harus diberitahu bila terjadi keluhan yang tidak biasa pada perut bagian atas yang tidak menghilang sendiri dalam waktu yang singkat, apabila perlu pengobatan dihentikan.

Keterangan lebih lanjut trdapat dalam brosur ilmiah untuk dokter.

PENYIMPANAN:
Simpanlah semua obat dengan baik dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

KEMASAN:
Tiap dus berisi 2 blister @ 28 tablet salut gula.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Jenis: Pil

Produsen: PT Harsen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar