Ad Code

Responsive Advertisement

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN ADMINISTRASI DAN KESEKRETARIATAN

Bismillahirahmani Rahim
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
A. Pembukaan
Say No to Drugs and HIV/AIDS
Kanda dewan Pembina , teman – teman pengurus dan anggota
Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, Tuhan sekalian alam yang tak putus-putusnya memberi karunia berupa rahmat tanpa pernah mengharapkan balasan yang terkadang tidak disadari oleh jiwa yang dipenuhi dan dililit oleh kekhilafan dan kedengkian. Allah Sang maha Sempurna, mengenang samudra ampunanNya, lautan kasihNya, bahari kenikmatanNya yang mengaliri seluruh alam mayapada ini, menerangi jalan-jalan kegelapan yang tertutup oleh kabut kenikmatan sesaat.
Shalawat dan salam kita panjatkan bagi junjungan kita Baginda Rasulullah SAW yang hatinya diselimuti kesucian mutlak untuk kemanusiaan, yang dari padanya muncul kebenaran sejati seorang manusia, dan semoga pancaran kesuciannya membuka mata kita guna menyikapi segala problema kekinian.
Peserta Sidang yang dirahmati oleh ALLAH SWT
Kehadiran manusia dalam dunia ini adalah salah satu wujud kekuasaan Tuhan, dimana manusia itu kemudian hadir untuk menulis sejarah di diari kehidupannya. hari berjalan begitu damai, matahari datang bersinar kemilau membawa waktu melangkah mengitari alam tanpa sesal, namun sore menyulut resah di tengah kerumunan orang. Dan saya akan hilang satu sisi dalam langkah menyibak hari esok, untuk hidup yang mungkin akan lebih baik. 

B. Kondisi Ideal
Kanda dewan Pembina, Kanda Alumni, Rekan-Rekan Pengurus serta Teman-teman Anggota yang Dirahmati oleh ALLAH SWT.

MAPHAN UNM sebagai, suatu organisasi kemahasiswaan yang berada ditingkat Universitas memiliki struktur kepengurusan yang saling berkoordinasi antara yang satu dengan yang lain dimana salah satunya adalah sekretaris umum, sebagai salah satu komponen kepengurusan, sekretaris umum mempunyai tanggung jawab untuk menjalankan roda kepengurusan, selama satu periode kepengurusan.
Sebagaimana yang tercantum dalam Pedoman Organisasi MAPHAN UNM periode 2009 – 2010, fungsinya yaitu membantu ketua umum dalam menangani masalah administrasi persuratan, rekomendasi dan instruksi kepada anggota dengan sepengetahuan ketua umum, wujud dan fungsi tersebut adalah pengelolaan administrasi kesekretariatan yang mana semua tersiar pada petunjuk teknis MAPHAN UNM.

C. Kondisi Realitas
Kanda dewan Pembina, Kanda Alumni, Rekan-Rekan Pengurus serta Teman-teman Anggota yang Dirahmati oleh ALLAH SWT.
Semua orang pasti menginginkan sesuatu yang ideal tapi realitanya sering bertolak belakang dari keinginan kita khususnya saya sendiri. Sebagaimana fungsi dari sekretaris umum yang telah saya paparkan pada kondisi ideal diatas dan hasil rapat kerja MAPHAN UNM yang telah disepakati beberapa hal mengenai program kerja dari sekretaris umum dalam hal pembenahan sarana dan prasarana sekretariat MAPHAN UNM, belum dapat terealisasikan diantaranya belum menindak lanjuti pengadaan tempat Koran dan lain-lain yang tidak sempat saya sebutkan
Dari beberapa hal mengenai program kerja sekretaris umum hanya sebagian kecil yang mampu saya realisasikan, diantaranya mengenai persuratan dan Administrasi dan membuat peraturan baru tentang jadwal piket pengurus tapi belum sempat berjalan. Itu di karenakan kurang kasadaran dari beberapa teman teman pengurus akan tanggung jawab yang diberikan dan pada saat itu pula yang menjadi kendala yaitu kunci sekretariat cuma ada 1 buah. 

Di karena kesibukan sehingga Sekertaris Umum mengeluarkan surat Mandat kepada Sekertaris Bidang I sebanyak 2 kali kepada Sekretris Budang I. Surat mandat yang pertama di keluarkan pada tanggal 26 November 2009 selama 1 minggu. Surat mandat yang kedua dikeluarkan pada tanggal 28 Januari 2009, kurang lebih selama 2 bulan.
Adapun factor pendukung dan penghambat dalam menjalankan kewajiban kami ialah:
a. Faktor Pendukung
1. Adanya dukungan moril dari teman-teman pengurus, kanda dewan Pembina, serta kanda dewan alumni.
2. Adanya kordinasi yang baik antara sekretaris bidang dengan sekretaris umum
3. Adanya dukungan dari teman – teman anggota baru

b. Faktor Penghambat
1. Sarana dan prasarana yang kurang memadai.
2. Kurang sadarnya sebagian pengurus dan anggota akan pentingnya apa yang telah di amanahkan
3. Belum digandakannya kunci sekretariat

D. Proyeksi Kedepan
Dengan melihat kondisi realitas di atas semoga kedepannya teman-teman pengurus dapat mempelajari serta memperbaiki dan mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat selama ini. Sehingga di kepengurusan yang tinggal 4 bulan kedepan mudah – mudahan kita dapat bekerja lebih maksimal. Untuk merealisikan hal tersebut, maka kita harus sering – sering melakukan tukar pendapat baik antar Dewan Pembina maupun teman – teman pengurus dan anggota Dan untuk meraih semua itu, maka di butuhkan komitmen, loyalitas, eksistensi dan kerja sama dengan semangat yang tinggi sehingga tidak putus asa dan yang paling penting senantiasa bermunajat kepada sang Khalik. Mudah – mudahan teman – teman pengurus mampu merealisasikan hal tersebut untuk pengembangan dan demi kemajuan lembaga kita bersama

E. Penutup
Demikian laporan pertanggungjawaban saya sebagai Pjs.sekretaris umum. Tidak lupa pula saya mohon maaf jika dalam melaksanakan tugas-tugas saya terdapat perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan dihati rekan-rekan pengurus, dewan pembina, dan anggota . Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada rekan-rekan yang telah banyak membantu dan telah banyak memberikan pelajaran berarti dalam menjalankan tugas selama ini, semoga segala sesuatu yang telah kita perbuat bernilai di sisi Allah swt, amin.
Demikianlah Laporan Pertanggung Jawaban saya, rangkaian kata hanyalah untuk memudahkan pendengar untuk menerimanya dan mengurangi kekakuan diantara kita. Akhir kata mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Terima kasih kepada seluruh elemen MAPHAN yang bersama dalam perjuangan kami.


Billahi taufik walhidayah
Wasssalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kab. Gowa, 27- 28 Februari 2010
Pengurus MAPHAN UNM
Periode 2009-2010 Pjs.SEKERTARIS UMUM




IRWANTO AMIR
RAM.14/MAPHAN-UNM/VI/231

Posting Komentar

0 Komentar