Ad Code

Responsive Advertisement

Hujan pun turun lagi

Rabu 20/4 hujan turun lagi di sore harinya, curah hujan yang cukup deras menghambat perjalanan para penguna jalan, menghentikan pekerjaan yang sementara bekerja. Di bulan April ini, hujan selalu turun sejak awal bulan hingga saat ini masih tetap turun hujan.
Semoga saja hujan ini mendapatkan manfaat kepada manusia. Bukan menjadi petaka. Apalagi bencana yang tidak kita inginkan.
Mensyukuri turunnya hujan adalah berkah, hujan juga banyak menumbuhkan tumbuhan yang mati. Menyiram yang gersang, kering atau bahkan manusianya itu sendiri yang akan disirami dengan turunnya hujan ini. Dikala manusianya relung hati mereka yang gersang bahkan kering.
Hujan sala satu fenomena alam yang bisa diprediksi dan bisa di tentukan waktu turunnya. Dengan pendekatan geografi dan geologi dari sisi tradisional yakni budaya muncul istilah dari suku bugis yakni "LONTARA" yang dapat menentukan dan melihat akan datangnya hujan. Seperti perhitungan dari tahun tahun sebelumnya.
Lambat laun LONTARA ini ada yang sudah memakainya, bagaikan ada pula yang sudah tidak menghiraukannya karenanya dari faktor perkembangan teknologi yang modern. Tapi LONTARA salah satu acuan bagi para leluhur terdahulu, baik dari segi kapan waktu bercocok tanam, mendirikan rumah, turun sawah dan bahkan acara pesta pernikahan.

Posting Komentar

0 Komentar