Ad Code

Responsive Advertisement

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENANGGULANGAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN PINRANG TAHUN 2010

RINGKASAN
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Baramuli
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Administrasi Kebijakan Kesehatan
Skripsi, 21 Februari 2011


ERNAWATI
“EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENANGGULANGAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN PINRANG TAHUN 2010”
Dibimbing oleh: Muh. Kardi Rais dan Ainurrafiq
xv + 95 Halaman + 1 Tabel +  9 Lampiran

Evaluasi merupakan bagian yang penting dari proses manajemen, karena dengan evaluasi akan diperoleh umpan balik (feed back) terhadap program atau pelaksanaan kegiatan. Untuk kepentingan praktis, secara sederhana ruang lingkup evaluasi suatu program kesehatan masyarakat dapat dibedakan atas empat kelompok yakni evaluasi terhadap input, proses, output, dan evaluasi terhadap dampak. Di wilayah kerja dinas kesehatan kabupaten Pinrang jumlah puskesmas yang ada sebanyak 15 puskesmas. Dan untuk puskesmas yang memiliki jumlah kasus DBD terbanyak ada 5 puskesmas.
            Penelitian ini bertujuan Untuk memperoleh informasi tentang Evaluasi Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah Dengue di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang Tahun 2010.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam. Adapun informan yang terdiri dari 2 orang informan kunci dan 6 orang informan biasa.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor keberhasilan program dipengaruhi oleh dana, tenaga, dan kebijakan.  SDM yang ada khususnya tenaga yang ada di kabupaten hanya ada satu, tenaga yang ada di puskesmas terutama pemegang program masih mempunyai tugas rangkap. Selain itu ketersediaan dana untuk mendukung kegiatan pelaksanaan program terbatas, tidak ada kendaraan operasional, kurangnya keterpaduan pelaksanaan kegiatan dari bidan lain. Peningkatan jumlah kasus DBD merupakan penyakit musiman yang biasanya mengalami peningkatan kasus pada interval 4-5.
Sebagai rekomendasi, peneliti menyarankan dilakukan tindakan preventif dengan pelaksanaan kegiatan PSN DBD dan PJB dengan benar. peningkatan pemahaman, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap penyakit DBD.

Daftar Pustaka : 1996-2010
Kata Kunci       : Evaluasi, Penanggulangan DBD

Posting Komentar

0 Komentar